Rabu, 22 Mei 2013

Sebuah Kisah Ramadhan di Ambang Petang

Sore mulai melenggang hendak pulang. Tangannya melambai ke arah sang senja agar segera datang untuk menggantikannya seiring ufuk barat merona jingga cemerlang. Jalanan masih saja dipenuhi berbagai kendaraan berlalu-lalang. Warung-warung penjual takjil ramai pembeli membuat antrean agak panjang. Ada yang membeli kolak pisang, ada bubur kacang, juga ada yang sekadar membeli rengginang. Hmmm…. sebuah persiapan menyambut adzan maghrib berkumandang.

Kardiman, seorang pengangguran yang sehari luntang-lantung mengukur seberapa panjang jalan, pada Ramadhan kali ini mendadak jadi pedagang. Naluri bisnisnya terkembang. Memanfaatkan momentum Ramadhan, mencoba meraih peluang. Ia pun membuka lapak buah-buahan di pintu masuk gang. Setiap pembeli dilayaninya dengan senyum manis mengembang. Ia sadar, senyum adalah salah satu strategi bisnis untuk membuat pembeli berbondong-bondong datang. Dengan semyum itu pula, Kardiman bisa menolak Pe’i, Kliwon dan Dusmin untuk berutang. Maklum, mereka sudah kondang jadi pengutang yang suka ngemplang.

Kala itu…. senja mulai merembang… Slamet datang bertandang. Tidak seperti jika Pe’i, Kliwon atau Dusmin yang bikin hati Kardiman bimbang dan gamang. Kardiman menyambut Slamet dengan hati senang.

“Assalamu’alaikum, Kang….”, Slamet mengucap salam beberapa meter sebelum sampai di lapak jualan Kardiman.

“Eh Dik Slamet … Wa’alaikum salaaam… Monggo dipilih… ada Salak Pondoh, Rambutan Binjai, Duku Singosari, Duren Montong, Pisang Ambon, Jeruk Bali, Semangka… Mangga dan Anggur aseli Probolinggo”, sambut si empunya lapak berpromosi.

“Waduh… jadi bingung nih. Segar-segar buahnya. Keknya saya ambil Semangka aja deh”

“Pilihan tepat… Semangka amat segar sebagai makanan penutup buka puasa. Selain berfungsi mencuci ginjal, Semangka juga cocok buat lelaki karena bisa meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Hehehehehe…..”, puji Kardiman. Cerdik juga Kardiman ini merayu pembeli.

“Waaahhhh… Saya masih bujang, Kang. Yang penting seger aja, ‘kaleee. Soal sperma-sperma gitu ntar aja deh kalo sudah punya bini”

“Ayo pilih yang mana. Semua masih seger buger persis es doger… Saya korting sepuluh persen deh, buat Cak Slamet”

“Pasti merah nih dalemnya? Tanpa biji?”, tanya Slamet sembari menimang-timang sebuah semagka seukuran kepala Dusmin.

“Tentu… tentu… dijamin!!!”, timpal Kardiman sambil mengacungkan dua jempol digoyang.

Setelah tawar-menawar, tuntaslah traksaksi jual beli itu. Slamet menenteng Semangkanya pulang ke rumah dengan dendang riang. Sementara Kardiman tersenyum puas mengenggam selembar duit sepuluhribuan.

Ketika menaiki tangga rumahnya, Slamet terpeleset dan rafia pengikat semangkanya putus. Sontak semangkanya jatuh dan pecah. Belum selesai Slamet merasakan sakit di dengkulnya, ia kaget melihat semangka yang baru dibelinya ternyata masih muda. Daging semangka masih berwarna putih. Setengah berlari ia kembali ke lapak jualan Kardiman.

“Kang… gimana neh… semangkanya kok ga merah. Muda begini dibilang dijamin merah! Lagian lihat neh…. banyak bijinya! Kang Kardiman yang jujur dong, kalo jualan. Jangan menipu kek gini!” sergah Slamet begitu sampai di hadapan Kardiman.

“Loh..loh..loh… salah Cak Slamet sendiri….”

“Salah saya gimana?!!!”, potong Slamet sengit.

“Lah itu semangka mestinya diiris, kok dijatuhin… ya pucat, jadinya. Coba kalo Cak Slamet jatuh dari atas pohon… pucat kan?. Nah biji-biji semangka itu, bonus alias gratis. Cak Slamet ga perlu pusing-pusing mikir bayar tuh biji-biji” Kardiman membela diri tak kalah sengit.

Mendengar alasan Kardiman, Slamet mewek. ‘Yah…. saya kalah omong. Sial deh… nasib… nasib….’, Slamet membatin.  

Sumber: http://hiburan.kompasiana.com



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar